1,5 Hektar Lahan Tongkos Sawit Milik PKS PTPN 1 di Aceh Utara Terbakar

Oleh
WhatsApp-Image-2021-03-28-at-16.18.21

Aceh Utara – Lahan penampungan tongkos atau limbah tandan sawit milik perusahaan PKS PTPN 1 di Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (27/3/2021) terbakar, belum diketahui penyebab kebakaran itu terjadi.

Adapun kebakaran lahan sawit seluas 1,5 hektar di area pabrik pembuangan limbah pengolahan kelapa sawit tersebut pada pukul 19.40 Wib.

Danramil Kapten Inf Nurdi Hidayat mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 19.40 Wib sore itu menghanguskan gambut sawit milik perusahaan PKS PTPN 1 di Kecamatan Cot Girek seluas 1,5 hektar.

“Tadi kita konfirmasi kepada pihak perusahaan, mereka mengatakan setelah diketahui adanya api yang membesar dilahan pembungan kelapa sawit itu, pihak Perusahan PKS PTPN 1 melakukan protap pengamanan dan melaporkan menghubungi pemadam kebakaran setempat”, terangnya.

Para babinsa TNI Koramil Cot Girek membantu pemadaman api dilakukan pada pukul 20.15 wib menggunakan sebanyak……mobil pemadam, kerugian belum diketahui dari pihak perusahaan, namun diperkirakan lahan gambut pembungan limbah terbakar seluas 1,5 hektar, sebut Danramil.

“Saat ini musim kemarau, kebakaran bisa saja terjadi berbagai hal, Namun kita mengetahui terjadinya kebakaran dari pantauan saat ini menggunakan Aplikasi Lapan Fire Hot Spot yang bertujuan untuk mengetahui adanya titik api maupun kebakaran hutan dan lahan yang terjadi khususnya di wilayah Aceh Utara”, katanya Danramil.

Dikarenakan besarnya kobaran api maka pemandaman api dilakukan dengan pembuatan saluran menggunakan excavator, dan kondisi siang ini 28/03/21 api telah berhasil dipadamkan.

Komentar

Loading...