Alat Berat Excavator Dipeusijuk, Tanda TMMD Reguler Ke-111 Dimulai

9506cc60-85a5-4c1c-b4a0-6c2271a8b390

Kutacane - Budaya Peusijuk acara tradisi turun temurun yang melekat pada masyarakat pribumi Kabupaten Aceh Tenggara, dimana alat berat excavator dan Satuan Tugas (Satgas) di lokasi titik nol TMMD Reguler ke-111 Kodim 0108/Agara, gelar berdo'a bersama meminta keselamatan, kesehatan dan kesuksesan pada sang kholik demi lancarnya pelaksanaan kegiatan TMMD Reguler ke-111, demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Desa Peseluk Pesimbe Kecamatan Deleng Pokhkisen Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa (01/06).

"Peusejuk, oleh masyarakat Aceh merupakan sebuah tradisi warisan leluhur yang hingga kini masih terjaga dan dilestarikan. Peusejuk diyakini sebagai salah satu ritual yang dikaitkan dengan kepercayaan terhadap nilai-nilai agama yang harus dijalankan.

Peusejuk ini dilakukan agar selama pengerjaannya dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta dapat terhindar dari kendala-kendala yang membuat pelaksanaannya menjadi terhambat bahkan terhenti,"katanya Plh. Pasiter Kodim 0108/Agara Letda Inf Afifuddin disela istirahatnya.

menurutnya,di wilayahnya masih sangat kental akan nilai-nilai budaya warisan leluhur yang masih dilestarikan hingga saat ini, dengan harapan munajat dari seseorang tercapai,"jelasnya.

Acara peusejuk ini, diikuti lebih dari 25 orang diantaranya, perwakilan dari Muspika, Muspides, Anggota Satgas TMMD ke-111 dan Masyarakat setempat Desa Peseluk Pesimbe.

Komentar

Loading...