Sekilas Info

Antisipasi Karhutla, Bersama Tomas TNI-POLRI Bangun Embung

Oleh
91bb5654-7a7c-4e06-b5c7-4f698a5129c3

Aceh Timur - Pencegahan atau antisipasi sebelum terjadi kebakaran lahan dan hutan terus di upayakan baik masyarakat dan instansi Pemerintah.

Kegiatan Teritorial Jum'at (12-03-2021), Babinsa Koramil 14/Rantau Peureulak Kodim 0104/Aceh Timur Koptu Syah Andrianto dan Babinkamtibmas Polsek Rantau Peureulak Aipda Miko yang dibantu oleh tokoh masyarakat Desa Seumaly, Kecamatan Rantau Peureulak, Kabupaten Aceh Timur melaksanakan pembuatan Embung/Kolam penampungan air.

Danramil 14/Rtp Kapten Inf Wagimin mengatakan, dalam rangka mengantisipasi lebih awal ini kami TNI-POLRI Kecamatan Rantau Peureulak bersama tokoh masyarakat membuat penampungan air atau embung untuk menyetok air apabila ada kebakaran karena di musim kemarau ini beberapa sumber air mulai mengering.

Diharapkan, dengan adanya embung ini kita tidak kekurangan sumber air untuk memadamkan api," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, selain membuat Embung ini, kami TNI-POLRI juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang Karhutla melalui kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos).

Dimana dalam setiap pelaksanaan Komsos para Babinsa dan Babinkamtibmas di Kecamatan Rantau Peureulak selalu memberikan himbauan kepada warga, agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. “Tujuannya adalah untuk bersama-sama ikut peduli dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Rantau Peureulak," jelasnya.

Danramil juga merasa sangat bersyukur, hingga saat ini di Kecamatan Rantau Peureulak belum ditemukan adanya titik api.

Kendati demikian, diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat, saya mengajak untuk dapat mempertahankan kondisi seperti ini. “Harapan kita jangan sampai ada yang melakukan pembakaran lahan”," pintanya.

Komentar

Loading...