Babinsa Bantu Petani Bersihkan Gulma Penggangu

Oleh
d95ab185-6251-4a54-a0c9-a42b184f1501

Pidie - Babinsa Koramil 23/Batee Kodim 0102/Pidie Praka Ori Arta Prim membantu petani merawat dan membersihkan gulma atau rumput yang tumbuh di sekitar tanaman Bawang Merah milik Zulmahdi Kelompok Tani Kana Tabina seluas 1,5ha di Desa Teupi Raya Kecamatan Batee Kabupaten Pidie, Sabtu (31/10/2020).

Panas matahari begitu menyengat tapi tidak menyurutkan semangat Babinsa untuk dampingi petani di Desa binaannya, walau pun harus berjemur di bawah terik matahari sebagai Babinsa harus memberikan semangat dan motivasi kepada para petani.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu tugas rutin selaku Babinsa untuk selalu melakukan pendampingan kepada petani demi terwujudnya swasembada pangan yang di programkan oleh Pemerintah.

Babinsa Koramil 23/Batee Praka Ori Arta Prim mengatakan bahwa tujuan dari pembersihan gulma ini adalah agar tanaman bawang bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan. Karena tanaman gulma tersebut dapat merebut atau mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan pada tanaman bawang merah.

Sementara itu, Danramil 23/Batee Kapten Inf Samsul Rijal, S.Sos menyampaikan seluruh Babinsa harus benar-benar mengilhami dan meresapi kedekatannya dengan rakyat, yaitu dengan turun kelapangan dan ikut merasakan suka-cita sebagai pendamping yang betul-betul menjalani tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Sesuai dengan tugas yang telah dibebankan kepada para babinsa untuk mengawal keberhasilan Swasembada Pangan Nasional, kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pertanian di wilayah binaan, para babinsa harus mengetahui dan aktif, bukan hanya aktif di lapangan tetapi hal-hal yang bersifat tehnis serta teori tentang pertanian mereka harus tahu," ungkap Danramil.

Sedangkan Zulmahdi selaku pemilik lahan mengucapkan terima kepada Babinsa yang sudah mau membantu dan mau belajar cara menanam bawang dan cara menghasilkan tanaman bawang yang unggul. Semoga apa yang di dapatkan bermanfaat untuk masyarakat.

Komentar

Loading...