Babinsa Bersihkan Sampah di Saluran Irigasi Gampong Pante Ara

Oleh
133624723_219217506348804_1859194453239496704_n

Bireuen - Babinsa Koramil 06/Peusangan Kodim 0111/Bireuen Serka Muzakir membantu warga melaksanakan pembersihan sampah di saluran irigasi di Desa Pante Ara Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, Senin (28/12/2020).

Serka Muzakir mengatakan, saluran irigasi merupakan sarana penghubung antara sumber air dan petak tanah pertanian atau persawahan.

Saluran irigasi berfungsi untuk mengairi lahan pertanian, apabila tidak ada irigasi tentu saja para petani tidak akan dapat mengolah lahan sawahnya secara maksimal.

Namun saat ini, beber Serka Muzakir saluran irigasi itu penuh dengan tumpukan sampah sehingga mengganggu aliran air,
Dengan melihat sampah sampah yang menyumbat saluran air Babinsa berinisiatif mengajak warga untuk membersihkannya

"Alhamdulillah, ajakan Babinsa disambut dengan baik oleh warga untuk bergotong-royong dalam rangka pembersihan sampah di saluran irigasi.

Menurut Serka Muzakir, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan pertanian dalam mengoptimalkan sistem irigasi yang ada dengan baik agar pengairan di sawah berjalan lancar.

"Masyarakat harus menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena terbukti di saluran air irigasi tersumbat penuh dengan sampah bekas manusia (anorganik)," imbaunya.

Keberhasilan di bidang pertanian khususnya padi, sangat dipengaruhi oleh lancar dan tercukupinya proses pengairan.

“Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air bagi pertanian harus terus dijaga kelancarannya sehingga sektor pertanian mampu mendongkrak kesejahteraan para petani, khususnya petani di wilayah Peusangan,” pungkasnya.

Komentar

Loading...