Babinsa Edukasi Petani Untuk Kendalikan Hama Ulat Grayak

Oleh
aa46c85a-9006-400b-8a40-5e07caeb4a2f

Kutacane - Babinsa Koramil 06/Babul Rahmah jajaran Kodim 0108/Agara, Serma Amid Barus edukasi warga binaan khususnya petani, tata cara penggunaan dosis pestisida yang baik dan benar, untuk pengendalian hama (grayak), lahan praktik milik Hirjan (47) di Desa Kuta Lang-lang Kecamatan Babul Rahmah Kabupaten Aceh Tenggara, Kamis (15/04/21).

Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 20 orang diantaranya Kepala BPP Kecamatan Babul Rahmah Jamidan, anggota pengendali hama penyakit Ramli, Kepala Desa Kuta Lang-lang Sanusi, dan undangan masyarakat setempat.

Adapun sosialisasi yang disampaikan Babinsa kepada masyarakat yakni, mulai dari perbandingan takaran air yang digunakan adalah satu liter air sementara obat pestisida berkisar 0,75 ml. Kesimpulan dalam satu hektare mencapai 192 liter obat pestisida yang sudah tercampur siap disemprotkan pada lahan ukuran satu hektare," ucapnya.

Sambungnya,"waktu penyemprotan dilakukan pada umur 21 hari tepatnya pagi atau sore hari. Dimana pada waktu tersebut ulat (hama) akan keluar dari pohon jagung.

Saya menyarankan saat melakukan penyemprotan pestisida, para petani menggunakan alat pelindung diri dari bahan kimia seperti masker, sarung tangan, sepatu bot, pelindung mata dan topi pelindung kepala," jelasnya Amid Barus.

Danramil 06/Babul Rahmah jajaran Kodim 0108/Agara, Kapten Arh Hamdanisyah, ST menuturkan,"kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud upaya TNI khususnya para Babinsa Kodim 0108/Agara, dapat hadir di tengah kesulitan rakyatnya.

Seperti halnya yang dilakukan, Serma Amid Barus memberikan edukasi pada warga binaannya, bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi tanaman jagung dan meningkatkan taraf hidup masyarakat yang sejahtera dan maju," ungkapnya.

Komentar

Loading...