Sekilas Info

Babinsa Koramil Rantau Peureulak Tak Segan Main Lumpur, Turun Ke Sawah Bantu Petani Daud

Oleh
a43e805f-4a36-41da-adb5-f18218344573

Aceh Timur - Babinsa Koramil 14/Rantau Peureulak Kodim 0104/Aceh Timur Koptu Syah Andrianto turun ke sawah untuk membantu petani binaannya daud milik Ibu Siti Halimah dengan luas sawah 10 Rante, di Desa Paya Unoe, Kecamatan Rantau Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (05-01-2021).

Kegiatan “Daud atau Ndaut” yaitu mencabut bibit padi dari persemaian yang sudah siap tanam. Ndaut ini dikerjakan setelah lahan siap dan umur bibit dirasa cukup, “tutur Danramil 14/Rtp Kapten Inf Wagimin melalui Babinsanya Koptu Syah Andrianto kepada awak media.

“Petani terbiasa mempersiapkan bibit padi beberapa saat sebelumnya, sehingga ketika pengerjaan lahan selesai, bisa langsung daud untuk segera tanam, ”ujarnya lagi.

Masih tutur Babinsa, kegiatan pendampingan yang dilakukannya, sebagai salah satu upaya untuk memberikan semangat kepada para petani atau mendorong petani untuk melaksanakan percepatan tanam.

Sementara ditempat terpisah Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) dalam rilisnya kepada awak media mengatakan, tujuan dari pendampingan ini untuk memotivasi petani dalam upaya mempercepat masa tanam padi, sekaligus juga sebagai wujud kepedulian TNI terhadap warga di wilayah binaannya.

Selain pendampingan daud padi, ujarnya, Babinsa juga membantu petani dalam menyiapkan dan mengolah lahan pertanian, perawatan tanam, hingga masa panen mendatang.

"Salah satu wujud nyata di lapangan adalah untuk memberi semangat petani dalam mendukung dan menyukseskan program swasembada pangan, khususnya di wilayah Kabupaten Aceh Timur dan Kota Langsa, "ucapnya.

"Ini akan dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan, hingga petani turut menciptakan swasembada pangan secara nasional. Selain itu, juga untuk meningkatkan ketersedian pangan daerah," pungkasnya.

Komentar

Loading...