Sekilas Info

Dampak Covid-19 Stok Darah di Kota Langsa Menipis, Personel Kodim 0104/Atim Sumbang 80 Kantung Darah

e87a17ea-bbc3-4648-9fcc-ed64347d1eb4

Langsa - Kodim 0104/Aceh Timur kembali menggelar donor darah, yang bertempat di Aula Serbaguna Makodim, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gampong Payabujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Kamis (24-06-2021).

Kali ini, 80 kantung darah TNI ini disumbangkan untuk kebutuhan darah di Kota Langsa.

Dandim 0104/Atim, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, mengatakan, kini ketersediaan darah di PMI Langsa Mulai berkurang, hal ini disebabkan oleh kekhawatiran masyarakat dalam mendonorkan darahnya di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu himbauan untuk menerapkan 5M yang salah satunya mengurangi mobilitas (berdiam di rumah) menjadi alasan masyarakat untuk tidak mendonorkan darahnya ke PMI.

"Sebanyak 80 kantung darah yang terkumpul ini akan disumbangkan pada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Kota Langsa," ujarnya.

Dandim menambahkan, dengan kegiatan donor darah bisa meringankan beban pasien yang membutuhkan darah saat dirawat di Rumah Sakit dalam wilayah Kota Langsa.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Langsa Dr. Dahnia, M. Kes, selaku penanggung jawab di lapangan, mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kodim 0104/Atim yang telah mendonorkan dan menyumbangkan darah ini.

Diakui Dahniar, bahwa stok darah saat ini di PMI Langsa memang berkurang akibat wabah Covid-19 ini, karena pemberlakukan social distancing, sehingga masyarakat membatasi diri untuk keluar rumah.

"Kami berharap partisipasi masyarakat dan instansi lainnya ke depan agar ikut menyumbangkan darah, sehingga ketersediaan darah di Kota Langsa tetap terpenuhi.

Kami juga berharap, untuk kegiatan donor darah seperti ini rutin dilakukan 3 s/d 4 bulan sekali, yang bertujuan untuk memenuhi ketersediaan darah di Kota Langsa," pungkasnya.

Komentar

Loading...