Dandim 0102/Pidie Hadiri Acara Germas Pemangkasan Tanaman Kakao

410ee109-e0f7-4493-a19c-43d69a45a40d

Pidie-Komandan Kodim 0102/Pidie menghadiri acara Gerakan Massal (Germas) Pemangkasan Tanaman Kakao di kebun Kakao Desa Siron Paloh Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie.Jum'at (02/04/2021).

Kabupaten Pidie memiliki potensi sektor perkebunan yang sangat besar dan potensi komoditi andalan seperti Kakao, Kopi Rabusta, Kopi Arabika, Kelapa, Pinang, kemiri dan lada.
Luas Area Kakao di kabupaten Pidie mencapai 10.376 Ha, yang tersebar di beberapa Kecamatan di Kabupaten Pidie.

Saat ditemui, Dandim 0102/Pidie
Letkol Arh Tengku Sony Sonatha SE, M.I.P
mengatakan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi dari Tanaman Kakao di Desa Siron Paloh, peran aktif Babinsa dan PPL Pertanian sangat dibutuhkan guna memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada para petani Kakao."ujar Dandim.

Menurut Dandim, Pemangkasan tanaman Kakao bertujuan meremajakan tanaman yang sudah tua, menurunkan kelembaban kebun dan memperoleh Iklim mikro yang sehat dan peningkatan produktivitas serta Pemangkasan yang efektif dan tepat waktu dapat membantu pengontrolan penyakit tanaman kakao." terangnya.

Dandim melanjutkan. Kelemahan masyarakat sekarang ini yang terpantau adalah minimnya perawatan pada tanaman. Banyak yang hanya ke kebun pada saat untuk panen saja, sementara momen penting perawatan justru pada waktu – waktu sebelum panen.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para petani menjadi rajin merawat tanamannya, perawatan tidak hanya dilakukan saat mau panen saja, tetapi dilakukan secara terus menerus, sehingga menghasilkan panen yang sesuai dengan yang di harapkan bersama." harap Dandim.

Komentar

Loading...