Dandim Aceh Utara” Kerukunan Beragama Menjadi Satu Wadah Bingkai NKRI

a26ffec5-eef1-45c3-aa5e-7a73cd9fcf45

Lhokseumawe - Dalam rangka menciptakan dan mempertahankan situasi kondusif serta Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama (KUB), Kodim 0103/Aceh Utara penggalangan terhadap para Tokoh Lintas Agama dengan menggelar kegiatan dialog dengan Topik mewujuudkan Persatuan dan Kesatuan Umat Beragama dalam Bingkai NKRI dan silaturrahmi Antar Umat Beragama di Aula Makodim 0103/Aceh Utara, Selasa, (25/5/2021).

Kegiatan dialog dengan Umat Beragama ini mengusung tema “Melalui Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Demi Mencegah Konflik Sosial Antar Umat Beragama Serta Menjaga Persatuan Dan Kesatuan”, yang dibuka langsung oleh Dandim 0103/Aceh Utara, Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P.

Sejumlah Tokoh Lintas Agama tampak hadir diantaranya adalah Pendeta Kristen Katolik Pater Hironimus Radjutuga, Pendeta Kristen Protestan Lo Sien Cien,Tokoh Agama Islam Tkg M Rizwan H Ali (lslam), Kapolres Lhokseumawe diwakili Wakapolres Lhokseumawe Kompol Raja Gunawan,Ormas FKPPI,Toko Pemuda dan Tokoh Msyarakat.

Dalam sambutannya, Dandim menyampaikan bahwa, memeluk agama adalah Hak Asasi Manusia yang dimiliki oleh setiap warga negara dan dilindungi oleh Undang – Undang.

Untuk itu, Pemerintah mengharapkan kepada seluruh warga negara untuk hidup berdampingan dengan damai, memiliki sikap saling toleransi guna menjaga hubungan antar umat beragama.

“lndonesia adalah negara yang memiliki Ke – Bhinekaan yang sangat beragam dari suku, budaya, adat istiadat sampai dengan agama. Namun, jangan perbedaan menjadi bahan perpecahan, justru perbedaan tersebut harus disikapi dengan baik melalui persatuan dan kesatuan,” tegas Dandim.

Letkol Oke menambahkan, melalui forum ini bisa mewujudkan solidaritas kerukunan antar umat beragama, sehingga dapat mencegah dan terhindar dari konflik sosial antar pemeluk agama.

“Giat dialog ataupun silaturahmi ini adalah untuk diskusi realita yang ada di masyarakat, tujuannya adalah untuk mencegah atau meminimalisir konflik dan merawat kerukunan yang telah terbangun selama ini. Selain itu, bisa juga untuk mengetahui kondisi Kerukunan Umat Beragama (KUB) di wilayah dalam kehidupan beragama ataupun dalam keberagaman sesama umat se – agama,” terang Dandim.

Acara Dialog ini terselenggara kerjasama RRI Lhokseumawe dan Kodim 0103/Aceh Utara.

Komentar

Loading...