Danramil 04/PRG Bersama Bupati Panen Jagung Perdana Milik BUMK

Oleh
95de0c99-bf9d-422c-b66d-b9cb6ca8ac9b

Redelong - Komandan Kodim 0119/Bener Meriah, Letnan Kolonel Inf Valyan Tatyunis diwakili Danramil 04/PRG Kapten Czi Aep Mukhran Halid didampingi ibu ketua Ranting 5 Cab XXV Dim 0119/BM bersama Bupati BM Tgk, H. Syarkawi melaksanakan panen perdana jagung di lahan milik BUMK Rata Ara Kec. Pintu Rime Gayo Kab. Bener Meriah, Senin (07/12/2020) siang.
Dandim 0119/BM saat di konfirmasi via pesan Whataspp mengatakan, pihaknya akan selalu bekerja sama dengan Dinas Pertanian untuk terus meningkatkan penanaman tanaman pangan.
“Sehingga dapat membantu Pemerintah Derah dalam hal ketahanan pangan. Dipilihnya jagung sebab tanaman ini merupakan satu dari tiga produk pangan unggulan selain beras dan kedelai yang menjadi prioritas Kementerian Pertanian,” kata Dandim.
Lanjut Dandim, pemanfaatan lahan tersebut diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat agar memanfaatkan lahan produktif yang menganggur guna mendukung ketahanan pangan.
Menurutnya, dari sisi penghasilan, setidaknya tanaman jagung bisa membantu pemerintah daerah. Jika produksi terus meningkat, maka tidak perlu lagi mendatangkan jagung dari luar daerah dalam pemenuhan kebutuhan.
“Minimal kita tidak usah mendatangkan dari luar daerah dalam pemenuhan kebutuhan jagung selain padi dan kedelai,” ujarnya.
“Dengan panen tersebut sekiranya dapat merangsang semangat petani untuk memanfaatkan lahannya dalam mengembangkan tanaman pangan yang bermanfaat. Pihaknya bersama instansi terkait selalu siap memberikan pendampingan kapanpun kepada masyarakat agar lebih giat,” harap Dandim.
Sementara itu di lokasi panen jagung Danramil 04/PRG Kapten Czi Aep Mukhran Halid menerangkan, varietas jagung yang ditanam di lahan BUMK ini memiliki kualitas tinggi dan harga jual yang bagus. Keberhasilan panen kali ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat bahwa jagung sangat mungkin dikembangkan di wilayah Bener Meriah khususnya Pintu Rime Gayo yang saat ini petaninya lebih banyak memilih menanam Kopi.
“Bila digarap secara optimal, kami optimis wilayah Pintu Rime Gayo bisa menjadi salah satu lumbung jagung,” terangnya.
Kapten Aep menambahkan bahwa petani mempunyai banyak alternatif dalam memilih jenis tanaman pangan yang berkualitas. Selain membantu ketahanan dan variasi pangan, dari sisi ekonomi menurutnya juga menguntungkan.

“Panen jagung ini diharapkan mendorong petani untuk bisa mencari varietas serta alternatif lain, tidak harus selalu fokus pada tanaman kopi,” pungkasnya.
Kegiatan ini juga diikuti Asisten II Drs Abdul Muis, Wakil Ketua DPRK Tgk Husnul Ilmy, Ketua MPU Tgk Almuzani dan Camat Edy Saputra, Kapolsek Iptu Mustafa,SH, Mukim Rimba Raya Afrizal, Kepala Puskesmas Singgah Mulo Djamaluddin, para Reje dan masyarakat.
Untuk diketahui, Koramil 04/PRG telah membudayakan jahe merah yang saat ini sudah ada beberapa desa meminta bibit jahe dan pola tanam ke Koramil.

Komentar

Loading...