Sekilas Info

Danrem 011/Lilawangsa Tertarik Konsep Pemberdayaan Masyarakat Desa Binaan Babinsa Kodim 0106/Ateng

3ed8b6a2-6c33-4e32-bc74-4e10d418730a

Takengon – Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro didampingi Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Teddy Sofyan melakukan kunjungan di Desa Rawe, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Kamis (08/07/2021).

Kehadiran Danrem yang disambut Reje Kampung, M. Daud dan Babinsa Koramil 01/Kota, Serma Surya adalah dalam rangka melihat konsep pemberdayaan ekonomi desa yang digagas Serma Surya, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0106/Aceh Tengah. Konsep pemberdayaan tersebut berangkat dari keinginan Serma Surya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di desa binaannya, melalui usaha pembuatan minyak Alpukat. Selama ini, buah alpukat yang merupakan salah satu komoditi utama di Kab. Aceh Tengah, hanya dilempar ke pasar dalam bentuk buah, tanpa diolah sama sekali. Melalui pengolahan sederhana, maka Serma Surya ingin agar sebagian buah alpukat hasil kebun masyarakat ditingkatkan nilai jualnya dengan terlebih dahulu diolah menjadi minyak alpukat. Diketahui bahwa Alpukat mengandung nutrisi, kaya serat, vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin C.
Danrem pun menyambut baik gagasan tersebut, dan akan mengupayakan bantuan mesin penyuling minyak alpukat bertenaga gas, sehingga gagasan tersebut dapat menjadi role model dalam pengembangan usaha masyarakat desa sekaligus tetap menjaga kelestarian alam, karena tidak menggunakan kayu sebagai bahan bakarnya. Pada kesempatan tersebut, Danrem 011/LW dan Dandim 0106/Ateng turut menanam bibit pohon Alpukat, Jengkol dan Pohon Lukup (Mangga Hutan) yang merupakan tanaman asli danau Lut Tawar.
Setelah kunjungan, Danrem dan rombongan menyempatkan diri untuk makan siang bersama masyarakat yang hadir, mencicipi olahan Ikan Depik yang merupakan masakan khas danau Lut Tawar. Di akhir kunjungan Danrem, Reje kampung (Kades) M. Daud mengungkapkan rasa terima kasih kepada Komandan Korem dan Komandan Kodim yang telah berkenan hadir dan menggugah hati masyarakat Rawe Aceh Tengah untuk menjaga kelestarian hutan dan menggerakkan perekonomian desa. Rasa bangga kami, semoga TNI tetap jaya sukses selalu dan di cintai rakyat, ungkap Reje.

Komentar

Loading...