Sekilas Info

Danrem 011/LW Hibahkan Kuda Pejantan Jenis Thoroughbred New Zealand Kepada Aceh Tengah

Oleh
6fda89d2-244e-44ef-84f3-f7139a824438

Takengon - Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro.SE, mewakili Ir Iman Hartono, menyerahkan satu ekor Kuda Pejantan Jenis Thb (Thoroughbred) New zealand kepada pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Penyerahan hibah ini diterima langsung oleh Bupati Aceh Tengah Drs. H. Shabella Abubakar, di Arena pacuan kuda Kampung Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (31/01/2021).

Disela acara penyerahan Kuda, Danrem mengatakan bahwa kuda merupakan salah satu hewan yang menjdi sahabat manusia sejak dahulu, ketika digunakan sebagai alat transportasi dan juga membantu mengangkut beban. Bahkan salah seorang pahlawan nasional, Pangeran Diponegoro selalu menunggang kudanya yang bernama Turangga Seta. Di sisi militer, TNI AD juga memiliki satuan Detasemen Kavaleri Berkuda yang bermarkas di Parongpong Jawa Barat. Kemudian, Kuda pejantan Thb (Thoroughbred) New Zealand yang bernama Leonardo ini merupakan pemberiaan dari sahabatnya, Ir. Iman Hartono, yang juga adalah Bendahara Umum PP Pordasi, yang memang sengaja mengibahkan Kuda ini untuk kemajuan olah raga berkuda di Kabupaten Aceh Tengah. Sebagaimana diketahui bahwa di dataran tinggi gayo, kuda digunakan untuk lomba pacuan atau dikenal dengan sebutan"Pacu Kude" yang merupakan tradisi Adat Gayo.
Danrem Baskoro juga menjelaskan bahwa kuda yang dihibahkan ini nanti akan dirawat oleh Irmi Bukit, salah seorang peternak kuda yang juga aktif di Pordasi Kab. Aceh Tengah, dan akan dijadikan pejantan, bagi para peternak kuda lokal yang ingin mengembangkan keturunan kudanya sehingga didapat hasil kawin silang yang berkualitas.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Drs. H. Shabella Abu Bakar mengatakan “Pernah juga kami datangkan pejantan dari Australia agar bisa memberikan keturunan yang baik sehingga kuda di Aceh tengah bisa bersaing tingkat daerah maupun luar daerah”, katanya.

“Kedepan kita Kabupatan Aceh Tengah akan menjadi tuan rumah pekan olahraga Nasional dan salah satu cabangnya adalah berkuda, ini adalah peluang dan kami berharap bisa jadi tuan rumah yang baik dan kita semua bisa menjaga fasilitas yang ada dengan baik”, harap Bupati.

Bupati Aceh Tengah juga mengucapkan terima kasih kepada Danrem 011/Lilawangsa, sekaligus berharap agar Kuda Pejantan ini bisa menghasilkan keturunan yang bagus, sehingga bisa membantu kemajuan olahraga berkuda di Kabupaten Aceh Tengah.

Hadir pada acara tersebut diantaranya, Bupati Aceh Tengah Drs. H. Shabella Abu Bakar, Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Teddy Sofyan S.Sos, Kasi Intel Korem 011/LW Letkol Caj Sadikin Bintang, para Kepala Dinas, Danramil Kodim 0106/Ateng, Reje Blang Bebangka M. Arip, serta para penggiat kuda dan masyarakat yang hadir.

Komentar

Loading...