Danrem 011/LW Isi Ceramah Ramadhan, Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Jangan Berlebihan

4607c199-d678-4d9d-837e-1fb1845ad051

Lhokseumawe - Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro menjadi penceramah Ramadhan, sebelum shalat tarawih dan witir di Masjid Al-Fitrah Korem 011/LW, Lhokseumawe, Senin (12/4/2021).

Dalam ceramahnya, Danrem mengajak seluruh umat islam di Aceh dan seluruh prajurit TNI serta keluarga besar jajaran Korem, untuk berpuasa dengan baik dan benar. Karena, selain dapat meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT, berpuasa juga dapat membawa pengaruh besar terhadap perubahan fisik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dalam kuliah singkatnya, Danrem menyampaikan beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yakni, puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah dengan mengurangi resistensi insulin, karena beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, sehingga sangat bagus bagi mereka yang punya risiko diabetes.

Selain itu, dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol. Sebagaimana diketahui bahwa Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, bahkan angka kematiannya mencapai sekitar 31,5% secara global.

Kemudian dapat meningkatkan fungsi otak, meskipun sebagian besar penelitian dilakukan pada hewan, namun telah ditemukan bahwa puasa memiliki efek yang kuat pada kesehatan otak.

Puasa juga Membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolism. Banyak orang yang melakukan diet dengan cara berpuasa. Puasa biasanya menjadi cara cepat dan mudah untuk menurunkan berat badan beberapa kilogram.

Terakhir, menunda penuaan dan memperpanjang usia. Dalam sebuah penelitian, yaitu dilakukan kepada hewan tikus yang diberi tindakan puasa setiap hari akan mengalami penuaan yang tertunda dan hidup 83% lebih lama dari tikus yang tidak berpuasa.

Dikatakan Danrem, banyaknya manfaat puasa bagi kesehatan manusia, namun kesemuanya itu erat kaitannya dengan gaya hidup dan pola makan kita. “Ketika kita berpuasa, lalu berbukanya dengan makan yang berlebih-lebihan itu juga tidak baik.

Diakhir kuliah singkatnya, Danrem menginggatkan bahwa saat ini kita belum selesai dari pandemi covid 19, vaksinasi masih berjalan, untuk itu tetap menggunakan masker, jaga jarak hindari kerumunan, karena ini bagian ikhtiar kita, usaha kita adalah menghentikan penyebaran covid 91, terang Danrem.

Berpuasa bukan hanya sekedar menahan haus, lapar dan amarah, tetapi Ramadhan juga momen yang tepat bagi umat islam untuk bertaubat dan berlomba-lomba mengumpulkan pahala dan memohon ridho dan ampunan dosa kepada Allah SWT.

Komentar

Loading...