Ditengah Pandemi Covid-19, Babinsa Koramil 23/Lgst Setia Dampingi Petugas Posyandu Balita

e97ed601-a789-4a5b-a181-87cf085709db

Langsa - Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) pada Balita (Bayi dibawah Lima Tahun ) bertujuan untuk memantau tumbuh kembang anak yang sempat terganggu karena pandemi Covid-19. Sesuai arahan dari Presiden RI jaminan pelayanan kesehatan kepada Balita dan ibu hamil melalui kegiatan Posyandu tersebut dibuka kembali dengan meperhatikan protokol kesehatan.

Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Koptu Tri Wahyono Babinsa Koramil 23/Langsa Timur Kodim 0104/Aceh Timur bersama bidan desa menggelar kegiatan Posyandu Balita dan ibu hamil yang bertempat di Desa Bukit Rata, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa, Selasa (06/07/21).

Dalam kegiatan Posyandu sebelum melakukan pendaftaran para peserta diwajibkan melakukan tahapan Prokes meliputi pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker dan diharuskan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ke Posyandu demi keamanan kesehatan petugas dan peserta Posyandu.

Tri Wahyono selaku Babinsa setempat menyampaikan kepada peserta bahwasannya kegiatan Posyandu Balita ini yang dilakukan secara rutin yang bertujuan untuk memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama Posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Lanjut, petugas melakukan screening kepada peserta mengenai perkembangan kesehatan balita, setelah melakukan screening petugas melakukan tindakan lanjut berupa Imunisasi Balita, mengukur tinggi dan menimbang berat badan Balita serta memberikan Vitamin A dan asupan makanan tambahan.

“Kita juga melakukan himbauan kepada perseta Posyandu yang hadir agar selalu tetap waspada terhadap wabah Covid-19, kita juga menyediakan dan membagikan masker kepada para peserta sebagai upaya peran aktif Babinsa dalam mencegah penularan virus corona,” imbaunya.

Bidan Desa Aulia Mayumi, Amd. Keb. mengucapkan terimaksihnya kepada Babinsa yang telah berjibaku dalam kegiatan Posyandu ini sehingga sangat meringankan para kader kesehatan di Desa Bukit Rata.

“Selain membantu dalam kegiatan Banbisa juga memberikan seruan kepada peserta yang ada di wilayah binaan nya, sebelum pelaksanaan kegiatan ini berlangsung sehingga kegiatan Posyandu Balita ini berjalan lancar dan aman, Tutupnya.

Komentar

Loading...