Dongkrak Swasembada Pangan Ditengah Pandemi, TNI Bersama Distan Beraksi

Oleh
photo_2020-12-09_09-27-04

Kutacane-Kodim 0108/Agara dan Distan Kab. Agara beserta jajarannya meninjau lokasi olah lahan sawah program pandemi Covid-19 ketahanan pangan di Desa Tanjung Aman Kec. Darul Hasanah Kab. Aceh Tenggara, Selasa (08/12).

Pengolahan lahan ini, dilaksanakan di 15 kecamatan Se-Kab. Aceh Tenggara, yang berpotensi pertumbuhan tanaman padi dan jagung.

Disela-sela waktu Kapten Inf Supian selaku Pasiter Kodim 0108/Agara mengatakan, "Dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19 dan perkiraan krisis pangan global pada November 2020 sampai Januari 2021 perlu kesiapan ketahanan pangan melalui gerakan tanam padi dan jagung di wilayah Kab. Agara, sebagai langkah untuk mencukupi swasembada pangan. Adapun langkah yang perlu diperhatikan menuju kesuksesan Hanpangan, yakni melakukan pendataan potensi lahan basah dan kering, memaksimalkan pemanfaatan lahan tegalan/kebun dan lahan sawah serta membentuk Tim Pengawalan Produksi Pangan dan memelihara unsur POPT dan penyuluh", ucapnya.

Sambungnya, "Kegiatan ini merupakan suatu bentu upaya untuk mendukung program Ketahanan Pangan (Hanpangan) provinsi seluas 16.000 Ha tersebar di 12 kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh.Guna membantu mensejahterakan masyarakat khususnya para petani", jelasnya.

Lebih lanjut, "Adapun ketentuan dari Distan Provinsi Aceh, pekerjaan pengolahan lahan basah dan kering Kab. Aceh Tenggara seluas 2000 Ha, terdiri dari 1000 Ha lahan basah (padi) dan 1000 Ha lahan kering (jagung). Petani yang memiliki lahan basah (padi) dalam setiap hektarnya mendapatkan 25 kg bibit benih padi, pupuk NPK 50 Kg dan pengolahan lahan secara gratis. Sementara itu bagi petani lahan kering (jagung) mendapatkan bibit benih 15 Kg, pupuk NPK 50 Kg dan herbisida setiap hektarnya.

Pelaksanaan kegiatan Hanpangan ini dimulai dari bulan Juli hingga Desember 2020, bahkan terlihat 95% lahan sawah sudah ada yang pane. Berarti stok pangan di wilayah Kab. Aceh Tenggara sudah tercukupi", tandasnya.

Muharman (35) Ketua Poktan Bersatu Maju mengucapakan ribuan terima kasih atas perhatian Pemerintah dan TNI khususnya jajaran Kodim 0108/Agara, dimana pendampingan TNI bersama Poktan mulai dari pengolahan lahan, pengawalan pupuk sampai masa panen TNI bersama Distan Kab. Agara bersinergi mendampingi para petani. Sehingga hasil panen di tahun ini cukup memuaskan dan dapat dirasakan oleh kalangan masyarakat bagi penerima bibit bantuan di tengah pandemi covid-19 ini, imbuhnya.

Tambahnya, "Para petani berharap program ini terus berlanjut dan berkesinambungan khususnya di masa pandemi Covid-19 yang tidak tau kapan berakhirnya agar ketahanan pangan rakyat khususnya masyarakat Aceh Tenggara tetap terjaga", ujarnya.

Komentar

Loading...