Kodim 0108/Agara Gelar Rapat Anggota Tahunan  (Rat) Primkopad Tutup Buku Tahun 2020

53114e86-477c-4b24-bc32-3180ac02854a

Kutacane - Kodim 0108/Agara menggelar kegiatan Rapat Akhir Tahunan (Rat) Primkop Kartika Lembah Alas Kodim 0108/Agara tutup buku tahun 2020, di Aula Balai Prajurit Kodim 0108/Agara dengan mengangkat tema "Optimalkan SHU Demi Kesejahteraan Anggota Primkop Kartika Lembah Alas" yang dipimpin secara langsung oleh Dandim 0108/Agara Letkol Inf Robbi Firdaus, S.E, M, Si.

Kegiatan tersebut diikuti lebih dari seratus orang diantaranya Kapuskop Pemkab Aceh Tenggara Drs Rasimen, S, Kepala Primkopad Kodim 0108/Agara Kapten Inf Jujur Lubis, Perwira Staf Kodim 0108/Agara, Danramil/Danposramil Jajaran Kodim 0108/Agara, Ketua Persit KCK Cabang XXIII Dim 0108 Ny. Robbi Firdaus dan Anggota dan Prajurit Satuan Kodim 0108/Agara, Rabu (03)03/21).

Awal kegiatan pembukaan, diisi pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an yang dibawakan oleh Sertu Zaini.

Kata sambutan Kaprimkopad/Kapuskop IM yang di bacakan oleh Kepala Primkopad Kapten Inf J. Lubis mengatakan," Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan kewajiban setiap Primkop karena merupakan wujud dari pertangungjawaban pengurus dan pengawas kepada anggota terhadap pengelolaan Primkop itu sendiri.

Pelaksanaan RAT bisa dikatakan baik dilaksanakan antara bulan Januari, Februari dan Maret. Karena dengan dilaksanakannya RAT diantara bulan tersebut Primkop pengelolaannya bisa dikatagorikan baik, kerana tutup buku setiap tahunnya adalah pada tanggal 31 Desember, sehingga RAT segera bisa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ada", ujarnya.

Pada tahun ini, terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan terjadinya wabah Covid-19 yang melanda hampir di seluruh dunia termaksud Indonesia, sehingga dengan adanya Covid-19 sangatlah berpengaruh, semua sektor dan bidang, tidak terkecuali dengan pelaksanaan RAT di seluruh Koperasi yang ada di Indonesia", jelasnya.

lebih jauh lagi," Koperasi adalah Badan Usaha yang beranggotakan orang seorang atau Badan Hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas azas kekeluargaan.

Berdasarkan data Keragaan Koperasi yang ada pada bidang pemberdayaan dan perlindungan koperasi, Dinas Koperasi UKM dan transmigrasi Kabupaten Aceh Tenggara terdapat 21 (Dua Puluh Satu) koperasi simpan pinjam yang memiliki badan hukum, dan sampai saat ini belum satupun yang mengkonversikannya dari pola konvensional ke pola Syariah, untuk itu kami mohon agar para pengurus primer Koperasi Kartika Lembah Alas Kabupaten Aceh Tengggara agar mempersiapkan Konversi unit simpan pinjam Primkopad Kartika Lembah Alas Kab. Agara menjadi unit simpan pinjam dan pembiayaan Syariah", tandasnya.

Dandim 0108/Agara juga menambahkan,"Keberadaan Koperasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan, bagi para anggotanya pertanyaanya bagaimana agar koperasi yang kita miliki dapat maju dan berhasil sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Keberadaan Koperasi benar-benar dapat di rasakan manfaatnya oleh seluruh anggota. Kita bisa mengambil suatu contoh bagaimana koperasi akan maju bila tempat usaha kecil, kumuh dan sempit serta barang yang di jual hanya beberapa macam saja.

Sebagaimana kita ketahui Koperasi adalah Usaha bersama dan kekuasaan tertinggi berada pada Rapat Anggota seperti sekarang ini, sedangkan sebagai pengendali Koperasi diangkatlah pengurus yang dipimpin oleh seorang Ketua, dimana sebagai Ketua tidak dapat memutuskan sesuatu permasalahan sendiri, perlunadanya koordinasi dengan anggota", ujarnya.

Acara tambahan, penyerahan doorprize kepada peserta RAT anggota Kodim 0108/Agara.

Komentar

Loading...