Masuk Musim Penghujan, Instansi Terkait Gelar Latihan Gulbencal

Oleh
126148441_819529965287903_2391547998613694043_n

Kutacane-Pelaksanaan latihan Penanggulangan Bencana Alam (Gulbencal) yang dilaksanakan oleh Pemda Kab. Agara, Kodim 0108/Agara, Basarnas bersama instansi terkait. Memasuki hari kedua, pada hari ini masih melanjutkan pembekalan dan pemantapan materi dilanjutkan aplikasi lapangan yang akan dihadapkan kejadian yang sebenarnya.

Pelaksanaan kegiatan latihan Gulbencal ini, terfokus dua titik sasaran diantaranya Lapangan Stadion H. Syahadat Desa Pulonas Baru dan di sungai Kali Alas Desa Perapat Hulu Dusun Pajak Hewan, Kecamatan Babussalam, Kab. Aceh Tenggara, Kamis (19/11/2020).

Latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan, merupakan salah satu metode untuk meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan prajurit atau satuan Kodim 0108/Agara dalam mengantisipasi bencana alam, lebih efektif dan efisien sehingga rencana operasi Gulbencal yang terorganisasi, dapat maksimal digunakan sewaktu-waktu bila dibutuhkan.

Selain itu, latihan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan sinergitas hubungan kerja dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait, dalam melaksanakan operasi bantuan melalui Pola Operasi Militer Selain Perang (Omsp).

Dalam latihan penanggulangan bencana alam bersama seluruh unsur yang terlibat, diharapkan mampu melaksanakan pengelolaan dan kerjasama antar unsur yang terlibat dalam operasi penanggulangan bencana alam apapun di wilayah Kab. Aceh Tenggara.

Komentar

Loading...