Sambut HJK, Donorkan 100 Kantong Darah Ke RSUD Sahudin

Oleh
128823883_3450689745015336_6772812323993303179_n

Kutacane - Untuk memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat, ditengah Pandemi Covid-19 di RSUD. H. Sahudin, TNI khususnya Kodim 0108/Agara, Polres Kab. Agara dan Satpol-PP sumbangkan 100 kantong darah kepada tim medis RSUD, di Aula Yudha Makodim 0108/Agara Kecamatan Babussalam, Kamis (3/12/2020).

Pelaksanaan donor darah ini dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia khususnya di wilayah Bumi Sepakat Segenep bekerjasama dengan RSUD. H. Sahudin Kutacane bersama instansi TNI, Polri dan Dinas Satpol-PP Kab. Aceh Tenggara.

Diselala waktu Kepala Unit transfusi darah RSUD. H. Sahudin dr. Yetti Ferulina Akbar M.Ked (clin-path) Sp.PK saat dikonfirmasi mengatakan, "kegiatan donor darah dilaksanakan bertujuan untuk memenuhi ketersedian di RSUD. H. Sahudin, apabila dibutuhkan masyarakat ya minimal tersedia dalam satu tahun 2000 katong", ucapnya.

Dengan adanya wabah Pandemi Covid-19, tambahnya, pendonor darah sukarela sampai saat ini masih berkurang hingga sampai 50%, karena kemungkinan masyarakat ada rasa takut dengan adanya Covid.

“Memang tempat pelayanan Covid-19 dan juga masyarakat dibatasi kontak dengan rumah sakit, nah itu mungkin masyarakat merasa takut untuk mendonorkan darahnya,” katanya Yetti.

Lebih jauh lagi dokter, Donor darah dilakukan tidak melalui even-even besar, kalaupun dibuat dengan jarak antara satu sama yang lain. Kemudian setelah melakukan donor harus mencuci tangan dan petugas medis mengambil sempel menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

"RSUD. H. Sahudin Kutacane berharap kepada seluruh masyarakat apabila ingin mendonorkan darah sukarela, Unit tranfusi darah selalu terbuka siap 1×24 jam. Hanya saja, jika ingin melakukan donor darah, tentunya harus dalam kondisi sehat, tidak baru pulang dari luar kota atau daerah lain.

“Silahkan datang ke RSUD. H. Sahudin Kutacane secara pribadi sendiri-sendiri ke unit transfusi unit RSU Sahudin Kutacane, nanti akan berikan sanitizer dan dilakukan periksa kesehatan. Bila sehat akan kami ambil sempel setelah selesai bisa kembali ke rumah ganti baju dan mandi,” tandasnya Kepala Unit Transfusi Darah RSUD  Sahudin Kutacane.

Komentar

Loading...