Tim Gabungan TNI – POLRI berhasil menggagalkan aktivitas ilegal logging di wilayah teritorial Kodim 0103 AUT

Oleh
95778e63-533d-4455-a260-b5ddf0f36071

Aceh Utara - Berdasarkan informasi dari masyarakat kepada Anggota Babinsa Koramil 29/LKH Kodim 0103/Aut bahwasanya pada Selasa malam tanggal 09 Feb 2021 akan ada mobil Truck Colt diesel yang bermuatan kayu ilegal melintasi jalan penghubung antar Kecamatan langkahan Kab. Aceh Utara dan Pante Bidari Kab. Aceh timur.

Dengan berdasarkan informasi tersebut Prajurit Kodim 0103/Aceh Utara dibantu Anggota Polsek Langkahan berangkat ke lokasi dan berhasil mengamankan sekitar -+ 1 Ton Kayu illegal logging dan 1 unit Mobil Truck Colt Diesel di Ds. Gedumbak Kec. Langkahan. Kab. Aceh Utara.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0103/Aceh Utara, Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P dalam rilis tertulisnya di Kodim 0103/Aceh Utara, Rabu, (10/02/2020).

Diungkapkan Dandim, keberhasilan Anggota Tim Gabungan TNI - POLRI pada Rabu dini hari sekitar pukul 01.43 wib merupakan hasil kerja sama prajurit dibantu Anggota Kepolisian Polsek Langkahan dalam mengamankan sekitar 1 Ton kayu illegal logging dan 1 unit Mobil Truck Colt Diesel.

“Diduga kuat, kayu ini hasil pembalakan liar diwilayah Kecamatan Langkahan,”ujarnya.
“Adapun jenis kayu yang diamankan oleh tim operasi gabungan TNI Polri adalah jenis kayu Meranti, Kayu Kruweng dan Kayu Damar yang diduga hasil illegal logging,”jelas Letkol Oke.

Menurutnya, kayu yang sudah diolah dengan berbagai ukuran tersebut ditemukan di dalam mobil Truck Colt Diesel yang ditinggal Kabur Oleh pemiliknya pada saat tim Operasi Gabungan Melaksanakan Penangkapan.
“Oleh tim gabungan, kayu Illegal Logging dan 1 Unit Mibil Truck Colt Diesel ini akan di bawa untuk di amankan sebagai barang bukti penyelidikan lebih lanjut,”terangnya.

“Alhamdulillah saat ini kayu sudah diamankan oleh Tim Gabungan TNI Polri untuk di Proses penyelidikan lebih lanjut,” ucap Letkol Oke. Hutan kita saat ini, lanjutnya, sudah banyak yang gundul akibat para penebang liar yang bisa mengakibatkan Bencana Banjir dan Longsor akibat minimnya pohon sehingga membutuhkan kepedulian kita bersama untuk menjaga dan melestarikannya sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

Selain itu, Letnan Kolonel Arm Oke Kistiyanto S.A.P Alumni Akmil 2002 tersebut juga mengajak dan menghimbau seluruh kemponen masyarakat untuk bersama-sama bersinergi menjaga hutan dengan melaporkannya kepada aparat terkait apabila menemukan pembalakan liar sehingga instansi terkait bisa melakukan pencegahan atau penindakan dengan penegakan hukum tehadap oknum pelaku illegal logging.

“Mari kita jaga dan selamatkan hutan dan lingkungan untuk anak cucu kita ke depan,” harapnya.
Sementara itu Danramil 29/Lkh Kapten Inf Fahrizal mengungkapkan, keberhasilan Tim Gabungan mengamankan sejumlah kayu yang diduga hasil pembalakan liar berkat kerja sama semua pihak.
“TNI tetap konsisten terhadap pemberantasan illegal logging dengan harapan terpeliharanya kelestarian hutan sekaligus melindungi keseimbangan alam,” pungkasnya.

Komentar

Loading...