Ukur Kemampuan Prajurit, Kodim Agara Gelar Samapta Periodik I

55105229-6080-4de4-ba35-24b03d2ed4e5

Kutacane - Sebanyak 129 orang jajaran Kodim 0108/Aceh Tenggara melaksanaan kegiatan Tes Samapta Jasmani Periodik I tahun 2021 di Lapangan Pemuda Kutacane Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara, Rabu (02/06).

Kegiatan ini, dilaksanakan bertujuan untuk mengukur dan meningkatkan sejauh mana kemampuan seorang prajurit selama berlatih dalam pembinaan fisik di satuan, guna mendukung tugas pokok TNI AD dalam melaksanakan aktifitas kesehariannya di lapangan dapat terlaksana dengan baik menjadi prajurit Satuan Teritorial (Satter) Kodim 0108/Agara.

Perlu diketahui, pelaksanaan kegiatan samapta dilaksanakan secara bergantian selama tiga hari, uji periodik I TA 2021.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan tahap awal tensi cek denyut nadi, peregangan dan dilanjutkan samapta kesegaran A.

Selanjutnya Kegiatan tersebut diawasi secara langsung dari Bajasrem 011/LW, Serma Damianus Munthe dalam bidang Jasmani dan didampingi oleh Pasiops Kodim 0108/Agara Kapten Inf Jujur Lubis selaku koordinator.

Kapten Inf Jujur Lubis saat apel pagi mengatakan,"kegiatan ini merupakan program satuan Kodim 0108/Agara dalam membina jasmani seorang prajurit melalui tahap pertahap meliputi dari pendaftaran personel, pengukuran berat/tinggi badan, pemeriksaan kesehatan, chek denyut nadi awal, vanderlay, pemanasan tubuh melalui senam ditempat dilanjutka, kesegaran A lari 12 menit, disusul kesegaran B yakni Pullups selama 1 menit, Situps selama 1 menit, Pussups selama 1 menit, Lunges selama 1 menit, Shutlerun 2 x 10 mtr besoknya akan dilanjutkan dengan ketangkasan renang militer dasar sepanjang 50 M.

"Saya berharap jaga faktor keamanan saat melaksanakan uji jasmani prajurit, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar tidak ada halangan apa pun, sehingga masing masing individual dapat mengukur kemampuannya,"ujarnya Pasiops Kodim 0108/Agara.

Bajasrem 011/LW, Serma Damianus Munthe menambahkan,"agar masing-masing mengetahui sampai mana kemampuan perorangan dalam melaksanakan samapta, apabila merasa sakit jangan dipaksakan keberhasilan kegiatan itu sukses apabila terlaksana dengan lancar tidak ada satu hambatan apapun,"pungkasnya.

Komentar

Loading...