Wujudkan Indonesia Sehat, Rapat Lokakarya Mini Lintas Sektoral Digelar

Oleh
96382017-57fa-4e73-af54-ce90e8b94464

Kutacane – Kapten Inf Aspudin Danramil 02/Bambel jajaran Kodim 0108/Agara ikuti Rapat Lokakarya Mini Lintas Sektoral yang bertempat di Aula Puskesmas Biak Muli Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa (02/03/21).

Turut hadir kegiatan tersebut, diikuti lebih dari lebih dari tiga puluh orang diantaranya Kapolsek Bambel, perwakilan Dinkes Kabupaten Aceh Tenggara Ralikul Fadli,
Kapuskesmas Biak Muli,
Kepala Desa Sekecamatan Bambel dan Bidan Desa Kecamatan Bambel.

Disela-sela kegiatan Kapten Inf Aspudin Danramil 02/Bambel mengatakan," kesehatan merupakan modal utama untuk melaksanakan segala kegiatan aktivitas apapun. Menurutnya, menjaga kesehatan adalah tugas masing-masing individu, karena hanya diri sendirilah yang tahu apakah dirinya itu sehat atau sakit, “imbuhnya.

“Jika kita tidak sehat atau sakit, niscaya kita tidak akan bisa melaksanakan kegiatan apapun seperti beribadah, bekerja dan kegiatan lainnya, “ungkapnya.

Ia juga menyampaikan jika setiap ada permasalahan tentang kesehatan agar selalu dikoordinasikan pada tenaga ahli kesehatan/bidan desa di wilayah masing masing.

“Karena kita semua saling berhubungan, dengan adanya koordinasi yang baik setiap permasalahan akan mudah diselesaikan dan untuk menekan angka kematian pada ibu dan anak, “himbaunya.

Keterlibatan TNI secara langsung khususnya para Babinsa yang berperan sebagai ujung tombak Satuan Teritorial yang berada langsung di tengah Masyarakat diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah kesehatan di wilayah binaannya.

“Babinsa akan selalu berusaha agar lebih dekat dengan masyarakat dan selalu siap untuk membantu setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat, terutama masalah kesehatan. Bantuan yang kami berikan tentunya sesuai dengan kemampuan yang kami miliki, “jelasnya.

Ralikul Fadli perwakilan dari Dinkes Kabupaten Aceh Tenggara menambahkan, bagaimana cara sosialisasi dan aplikasi kepala desa dan unsur muspika meyentuh masyarakat di desa Se-Kecamatan Bambel dibidang kesehatan.

Adapun berbagai macam sektor permasalah pada mayarakat yang perlu kita ketahui dan diperhatikan yakni seperti gizi buruk, kesehatan ibu dan anak, remaja, lansia, sanitasi dan pengobatan masal dan sebagainya, kesemuanya masyarakat mendapatkan hak yang sama pada umumnya", ujarnya.

Sambungnya,"Sehingga tujuan lokakarya tersebut dengan tergalangnya kerjasama lintas sektoral dalam rangka pembinaan dan pengembangan peran serta masyarakat secara terpadu untuk mendapatkan dukungan dan masukan dari lintas sektoral dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat”,pungkasnya.

Komentar

Loading...