Akibat Meluapnya Air Lawe Uning Dua Unit Terendam Air

Oleh
IMG-20211111-WA0217

Kutacane - Telah terjadi meluapnya air sungai Lawe Uning, akibat tingginya intensitas curah hujan yang membawa material menghambat jalannya air dibawah kolong jembatan depan SMAN 2 Lawe Bulan jalan lintas Desa Kandang Mblang Mandiri dan Desa Lawe Kulok Kecamatan Lawe Bulan Kabupaten Aceh Tenggara,(11/11/2021). Kejadian tersebut, mengakibatkan kerugian materil dua unit rumah terendam air diperkirakan mencapai 30 Cm.

Meluapnya air tersebut, terpantau akibat oleh tumpukan sampah, kayu dan material lainnya di jembatan tepatnya depan SMAN 2 Lawe Bulan, yang menghambat proses jalannya air sungai itu.

Akibat kejadian tersebut, luapan air sungai Lawe Uning naik ke atas badan jembatan hingga ke ruas badan jalan lintas Desa Kandang Mbelang Mandiri-Desa Lawe Kulok Kecamatan Lawe Bulan, diperkirakan ketinggian air mencapai 50 cm.

Konfirmasi pada Dandim 0108/Agara Letkol Inf Robbi Firdaus, S.E.M.Si yang diwakili oleh Danposramil Lawe Bulan Pelda Alot Pranoto mengatakan, "bahwa akibat luapan air sungai Lawe Uning tersebut, karena tingginya intensitas curah hujan yang mengguyur Kecamatan Lawe Bulan diperkirakan mulai pukul 17:00WIB, sampai 18:30WIB dengan membawa material menghambat kolong jembatan tepatnya depan SMAN 2 Lawe Bulan yang mengakibatkan dua unit rumah terendam Banjir.

Dengan kejadian tersebut, saya perintahkan jajaran anggota Posramil Lawe Bulan untuk turun ke lapangan tanggap siaga banjir, monitoring wilayah, membantu evakuasi masyarakat dan harta benda ke tempat lebih aman", ungkapnya.

Lebih lanjut, " adapun korban rumah terendam akibat luapan air sungai Lawe Uning ada dua unit rumah pemilik diantaranya Abidunsyah (44) petani,
Alamat Desa Kandang Mbelang Mandiri Kecamatan Lawe Bulan dan Diansyah (28)
petani alamat Desa Kutambaru Kecamatan Lawe Bulan Kabupaten Aceh Tenggara.

Adapun upaya mengatasi kejadian itu, kami berkoordinasi awal dengan pihak BPBD Kabupaten Aceh Tenggara, guna menyiapkan alat berat dalam mengantisipasi apabila ada banjir susulan yang lebih besar, menyiapkan tenda dan alat perlengkapan lainnya apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, "tandasnya.

Komentar

Loading...