Anggota Koramil 08/SN Bersama Warga Padamkan Api (Karhutla).

IMG-20220527-WA0077

Takengon- Telah terjadi kebakaran hutan Anggota koramil 08/SN Serda Budiman bersama Aparat desa dan masyarakat melakukan pemadam api secara manual, di desa genting gerbang, Kec, Silih nara, Kab, Aceh Tengah. Jumat (27/05/22).

Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Wasono Handayani melalui Danramil 08/SN Kapten Inf Bambang S, mengingatkan agar warga tidak membakar lahan sembarangan ketika melakukan pembukaan maupun pembersihan lahan mengingat kondisi telah memasuki cuaca panas sehingga rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Selain cuaca memasuki musim kemarau, tiupan angin kencang juga bisa memicu meluasnya kebakaran sehingga perlu diantisifasi sejak dini.

“Siapa saja masyarakat Aceh Tengah khususnya kecamatan silih nara boleh berkebun. Tetapi caranya tidak dengan membakar lahan,” karena dapat menimbulkan kerugian besar bahkan bisa menjadi ancaman besar bagi penduduk sendiri, salah satunya bencana alam tanah longsor ketika masuk musim penghujan nanti.

Selain itu, menurut Danramil, kerugian yang disebabkan dengan seringnya terjadi kebakaran, kerusakan alam seperti hutan menjadi gundul, juga akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat sekitar karena mengakibatkan polusi udara berupa asap tebal dan terganggunya ekosistem serta punahnya hewan satwa yang dilindungi karena hilangnya tempat kehidupan." Ucap Komandan Koramil 08/SN".

Komentar

Loading...