Babinsa Ajak Warga Bersihkan Irigasi Persawahan

Oleh
144136141_268449867960842_8022587953964028477_

Pidie-Ciptakan kekompakan dengan warga binaan, Kopda Suriono Babinsa Koramil 09/mutiara Kodim 0102/Pidie bersama masyarakat melaksanakan Gotong-royong membersihkan saluran irigasi bertempat Di Desa Paloh Kambuek Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie Senin, (01/02/2021).

Selain melakukan pendampingan sebelum, saat dan sesudah masa tanam padi, Bintara Pembina Desa (Babinsa) juga turut serta dalam pembersihan saluran irigasi persawahan.

Saluran irigasi sepanjang 200 meter selama ini dirasakan manfaatnya masih kurang maksimal karena di tumbuhi rumput-rumput dan ranting liar yang mengganggu aliran air yang menuju ke lahan pertanian, sehingga perlu dilakukan pembersihan mulai dari ujung saluran hingga menuju lahan pertanian.

Disela-sela kegiatannya Kopda Suriono mengatakan, kegiatan gotong-royong ini merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan pertanian dan dalam mengoptimalkan sistem irigasi yang ada dengan baik maka harus dilakukan pembersihan saluran irigasi agar tidak tersumbat, sehingga pengairan di sawah dapat berjalan dengan lancar.

"Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus terus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu menghasilkan hasil panen yang baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani", ujar Kopda Suriono

Saat ditemui di tempat terpisah, Komandan Koramil 09/Mutiara Kapten Inf Samsul Bahri menyampaikan bahwa dirinya sangat berharap kepada para petani bila ada suatu permasalahan terkait bidang pertanian bisa segera berkoordinasi dengan Babinsa agar sesegera mungkin akan dicarikan solusi permasalahannya." jelas Danramil.

Alimin salah satu petani yang berada dilokasi mengatakan, “Memang keberadaan irigasi ini sangat dibutuhkan oleh para petani untuk mengairi sawah dan mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan maka perawatan saluran irigasi sangat bermanfaat”, jelasnya

Komentar

Loading...