Sekilas Info

Babinsa Sambangi Warga Usaha Fermentasi Biji Kakao /Kopi Coklat

Oleh

Kutacane . Babinsa Serda Muhlisin jajaran Kodim 0108/Agara mengunjungi lokasi fermentasi Biji Kakao milik bapak Sopian di desa Tenembak Alas Kecamatan Tanoh Alas kabupaten aceh tenggara, kamis (27/10/2022).

Kakao merupakan tumbuhan tahunan (Perennial) berbentuk pohon, di alam dapat mencapai ketingian 10 meter. Meski demikian dalam pembudidayaan tingginya dibuat tidak lebih 5 meter, tetapi dengan tajuk menyamping yang luas. Hal ini dilakukan untuk memperbanyak cabang produktif.

Babinsa Serda Muhlisin menuturkan fermentasi merupakan inti dari proses pengolahan biji kakao. Fermentasi sangat menentukan cita rasa kakao dalam olahannya. dengan melakukan fermentasi, petani kakao dapat meningkatkan kualitas biji kakaonya sehigga bisa bersaing di pasaran. Dengan demikian secara tidak langsung, pendapatan petani kakao dapat ditingkatkan.

Tujuan dilakukan fermentasi adalah untuk menciptakan rasa coklat yang enak. Fermentasi juga meningkatkan mutu biji kakao, menurunkan kadar air biji, sehingga kemungkinan terkontaminasi oleh jamur lebih kecil dan rasa asli lebih dominan, ujar Babinsa.

Bapak Sopian pemilik usaha fermentasi kakao menuturkan terima kasih kepada bapak - bapak Babinsa yang sudah meluangkan waktunya untuk melihat
Usaha kami ini, kami bangga dan senang dengan kehadiran Babinsa dan secara tak langsung usaha kami ini ikut dipromosikan ke halayak ramai.ucapnya.

Komentar

Loading...