Dandim 0108 Bersama Forkopimda Agara Laksanakan Upacara HUT TNI Secara Virtual

Oleh
dfed707b-c3ca-4818-89d6-1d1f53846078

Kutacane - Berlangsungnya acara Hari Ulang Tahun TNI Ke-76 yang jatuh pada hari ini tanggal 05 oktober Tahun 2021 berjalan dengan khidmat menyaksikan secara virtual melalui video conference. Selaku inspektur upacara, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Dalam kegiatan ini, Dandim 0108/Agara Letkol Inf Robbi Firdaus, S.E.,M.Si mendampingi Wakil Bupati Kabupaten Aceh Tenggara, Bukhari bersama seluruh unsur Forkopimda mengikuti secara virtual pelaksanaan berlangsungnya upacara HUT TNI ke-76 yang dipimpin oleh, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di ruang Aula Yudha Makodim 0108/Agara Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa (05/10/21).

Dalam upacara tersebut dilanjutkan dengan pengucapan Saptamarga, dan pembacaan penganugerahan tanda kehormatan Repubik Indonesia.

Dalam amanat Presiden RI Ir. H. Joko Widodo mengatakan,"pertama-tama atas nama rakyat bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Rakyat, bangsa, dan negara juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa menjaga keutuhan wilayah Negara kesatuan republik indonesia berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945. Serta melindungi bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia dari segala ancaman dan gangguan.

Sampai dengan hari ini, kita masih berada bayang-bayang pandemi Covid-19. Bila diibaratkan sebagai perang melawan virus Covid-19 saat ini, seperti perang yang berlarut-larut," tuturnya.

Lanjut, "Perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental, dan semangat juang. Perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi, dan pengetahuan ilmu teknologi.

Keberhasilan kita dalam menangani pandemi Covid-19 ini, tidak terlepas peran besar TNI. TNI yang menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi serta termasuk alutsista, telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan.

Kesigapan TNI ini juga, saya minta untuk selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber, dan ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana alam.

Sehingga TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia. Yang mampu beperan di lingkungan strategis regional dan global.

TNI Manunggal dengan rakyat dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta, yang difensif aktif dengan pertahan berlapis. Dan memanfaatkan lompatan teknologi militer dan investasi pertahanan yang terencana.

Sekali lagi selamat hari ulang tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia, selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa. Semoga Tuhan yang maha esa selalu bersama kita.

Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang," tutupnya.

Setelah menyaksikan upacara secara virtual video conference, Wakil Bupati Kabupaten Aceh Tenggara memotong tumpeng diserahkan pada prajurit tertua, dan Ketua DPRK Aceh Tenggara, Deny Febrian Roza, S.STP., M.Si., memotong kue tart diberikan pada prajurit yang berprestasi.

Komentar

Loading...