Sekilas Info

Dandim Pidie Hadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional

Oleh

Pidie - Dandim 0102/Pidie Letkol Inf Abd Jamal Husin menghadiri upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022. Dengan mengusung tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanuasiaan", kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan Alun-alun Kota Sigli Jln. Iskandar Muda Gampong Kuala Pidie Kecamatan Kota Sigli Kabupaten Pidie. Sabtu (22/10/2022).⁣

Selaku Pembina upacara, Pj. Bupati Pidie, Ir Wahyudi Adisiswanto M.Si dalam sambutannya membacakan amanat tertulis Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yang mengatakan bahwa tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanuasiaan adalah bahwa Santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.⁣

Peringatan Hari Santri bukanlah milik Santri semata, hari Santri adalah milik kita semua, milik seluruh komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan Santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.⁣

"Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan Ulama, Kyai, Santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah Subhanahuwa ta’ala. Amin." Ujarnya.

Sementara Dandim 0102/Pidie Letkol Inf Abd Jamal Husin saat ditemui di lokasi mengatakan. Peran santri khususnya di Kabupaten Pidie bisa dibilang cukup tinggi. Keberadaan para tokoh agama, Ulama dan pimpinan Pondok pesantren dan Dayah khususnya dalam perannya menjaga kondusifitas diwilayah Kabupaten Pidie.

“Sering kali kita berkolaborasi dan bekerjasama dengan para Santri dalam menjaga dan menciptakan situasi yang aman dan kondusif. Sinergi dan silaturahmi ini diharapkan tetap terjalin dengan baik untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI,” ucapnya.

Lebih lanjut Dandim menambahkan, mewakili seluruh keluarga besar Kodim 0102/Pidie mengucapkan selamat hari Santri Nasional 2022.

"Semoga pada moment Hari Santri ini, para Santri di Kabupaten Pidie, umumnya di Indonesia dapat menjadi pelopor untuk Menjaga Martabat Kemanuasiaan,“ pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pawai Ta'arup, zikir dan shalawat yang dimulai dari alun-alun Kota Sigli menuju ke Gedung Pidie Convention Center (PCC) Jln. Lingkar Desa Lampeudeh Baroh Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie.

Selain Dandim 0102/Pidie, Turut hadir juga pada kegiatan tersebut diantaranya. PJ Bupati Pidie, Ir Wahyudi Adisiswanto M.Si beserta Istri, Kapolres Pidie, AKBP, Padli, SH, SIK, MH, beserta ibu, Kajari Pidie, Gembong Priyanto, SH. M. Kum, Ketua DPRK Pidie, Mahfuddin Ismail, S. PdI. MAP, Sekda Kab. Pidie, Idhami S.sos.,M.Si, Ketua Pengadilan Negeri Pidie, Eliyurita, SH. MH, Ketua Mahkamah Syariah Kab. Pidie, Dr. Amir Khalis, Ketua MPU Kab. Pidie, Tgk. H. Ismi A. Jalil, Para kepala SKPK Pidie, Tokoh agama Abu Lamkawe, Para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kab. Pidie, Para ulama dan guru Dayah Kab. Pidie, serta Masyarakat seputaran Alun - alun Kota Sigli.

Komentar

Loading...