Sekilas Info

Pererat Silaturahmi Babinsa Bantu Warga Sortir Biji Kakao kering Hasil Fermentasi

Oleh

Kutacane Babinsa Posramil Tanoh Alas Serda Mukhlisin jajaran Kodim 0108/Agara melaksanakan silaturahmi ke warga desa Binaan yang mempunyai usaha fermentasi biji kakao di desa tenembak alas kec,,Tanoh alas kab,aceh tenggara, Sabtu (05/11/2022).

Babinsa menyampaikan , tujuan kami berkunjung yaitu guna mempererat tali silaturahmi antara Babinsa dengan warga supaya saling kenal satu sama lainya dan juga sebagai salah satu cara untuk bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang ada didesa binaan.

Proses pengeringan biji kakao pada musim hujan banyak ditemukan pada kasus-kasus pengeringan yang dihasilkan tidak optimal dan sempurna sehingga berjamur ,  salah satu cara yang dilakukan untuk menghambat pertumbuhan jamur mikotoksin yaitu dengan mengisolasi bakteri asam laktat pada biji kakao. Biji kakao yang telah difermentasi akan dikeringkan selama 5 hari kemudian proses pengeringan dihentikan dan biji kakao dikeluarkan dari wadah fermentasi.ujarnya.

Selanjutnya dilakukan perendaman selama 10-15 menit dan melihat bagaimana melihat biji kakao tidak berubah kemudian dikeringkan lagi, Proses dilakukan di bawah sinar matahari langsung dan modifikasi rak. hasil analisis mutu biji kakao yang dikeringkan dengan metode tersebut.

Pada musim hujan, pengeringan dengan metode kombinasi sinar matahari dan alat pengeringan tipe rak memberikan mutu biji kakao yang lebih baik daripada mengeringkan langsung di bawah sinar matahari.pungkasnya.

Bapak sambo pemilik usaha fermentasi biji kakao menuturkan terima kasih banyak kepada bapak Babinsa yang sudah meluangkan waktunya singgah ketempat kami dan memberikan motifasi ,sehingga kami dalam bekerja menjadi lebih semangat.ujarnya

Komentar

Loading...