Sertu Ronal Manurung Dampingi Petani Pengolahan Lahan Sawah

Oleh
435cbeba-1297-435c-9ddf-0cc54414d389

ACEH TAMIANG – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Kejuruan Muda, Kodim 0117/Aceh Tamiang, Sertu Ronal Manurung melaksanakan pendampingan kepada petani dalam mengolah lahan sawah seluas 10 rante. Aksi bajak sawah dengan menggunakan hand tractor itu dilakukan di lahan sawah milik Sukiman,anggota Kelompok Tani Blang Tumpuan di Desa Tanjung Mancang Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang, senin (19/10/20).

Sertu Ronal Manurung mengatakan, Pengolahan lahan ini menggunakan hand traktor adalah cara baru pengolahan lahan yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah dengan proses cepat.

Lebih lanjut, setelah dilakukan pembajakan dengan alat hand traktor, lahan didiamkan satu minggu, supaya rumput membusuk menjadi humus, dan berubah sifat fisik tanahnya, dan selanjutnya tinggal diratakan dengan cangkul agar menjadi datar dan melumpur," ujarnya.

“Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati, yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air,” ungkapnya

Komentar

Loading...