Sekilas Info

Tak Kendor Sejahterakan Petani, Babinsa Sakti Bantu Petani

Oleh
50b67e61-693f-40e1-a37e-7452070ee36f

Pidie - Pendampingan Babinsa kepada petani tidak hanya membantu meringankan pekerjaan mengolah lahan, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, di samping sebagai upaya dukungan menyukseskan program ketahanan pangan nasional.

Hal inilah dilakukan Babinsa Koramil 12/Sakti Kodim 0102/Pidie Serma Ruslan saat membantu merawat tanaman jagung di lahan seluas 0,25ha milik Muhtar Kelompok Tani Ingin Makmur di Desa Meunasah Balee Kecamatan Sakti Kabupaten Pidie, Sabtu (24/10/2020).

Dalam kegiatan pendampingan, Babinsa ikut membantu Muhtar membersihkan gulma (rumput) liar di sela-sela tanaman jagung.

“Pembersihan rumput liar di sela tanaman jagung perlu rutin dilakukan. Karena keberadaan rumput liar menjadi pesaing bagi tanaman utama dalam penyerapan unsur hara dari dalam tanah,” jelasnya

Mendapat penjelasan ini, Muhtar mengaku jadi lebih paham dalam mengolah dan merawat tanaman jagung untuk ke depannya. “Terima kasih buat bapak Babinsa yang selalu hadir memberikan bantuan kepada kami, meski tanpa diminta,” ucapnya.

Danramil 12/Sakti Lettu Inf Syafruddin saat di konfirmasi menambahkan, pendampingan kepada petani juga sebagai salah satu metoda pendekatan Binter (Pembinaan Teritorial) yang menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa sebagai Apkowil.

“Dengan selalu berinteraksi dengan petani, Babinsa tidak saja melaksanakan tugas mendukung keberhasilan program ketahanan pangan, tetapi juga bisa melakukan komunikasi sosial (komsos) dalam upaya memantapkan Bintahwil (Pembinaan Pertahanan Wilayah,” pungkas Danramil.

Komentar

Loading...