Sekilas Info

TNI Bersama Warga Berjibaku Padamkan Api di Desa Naga Timbul

Oleh
1c88957e-8c13-4539-b1e0-5288f3b0ef32

Kutacane – Kebakaran lahan tanah gambut kembali terjadi pada hari Selasa 21/09/2021 pkl .18.00 WIB di Desa Naga Timbul, Kecamatan Leuser, Kabupaten Aceh Tenggara.

Babinsa TNI dari personel Posramil Leuser bersama warga setempat berjibaku padamkan api. Pemadaman titik api sisa kebakaran sejak beberapa jam yang lalu sendiri menggunakan ranting kayu.

Danposramil Lauser Pelda Samsul Bahri Sinurat mengatakan, pemadaman karhutla saat ini berlokasi di desa Naga Timbul, kecamatan Leuser. Kebakaran bermula diketahui dari alat satelit Lapan Hotspot.

Menurut Danposramil, kebakaran lahan terjadi disebabkan kesengajaan dibakar oleh pemilik lahan untuk membuka kebun yang akan ditanami jagung seluas 1 hektar lebih.

“Kondisi seperti ini sangat membahayakan, karena membakar tumpukan sampah rumput yang sudah kering sehingga mudahnya api cepat membesar dan merembet luas ke lahan lainnya,” terangnya.

Sebagaimana diketahui bersama, di tahun 2021 Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah kabupaten Aceh Tenggara sudah acapkali terjadi dan sedikitnya sudah puluhan hektar lahan yang terbakar.

Himbauan untuk menjaga dari kebakaran hutan, baik itu selebaran yang ditempel di fasilitas umum dan warung maupun sosialisasi dan patroli oleh Babinsa TNI bersama perangkat desa juga telah sering dilakukan.

Atas kejadian Karhutla tersebut, akan dilakukan pemanggilan kepada pemilik lahan. Selain untuk dimintai keterangan juga akan membuat surat perjanjian dengan tujuan agar tidak mengulanginya kembali. Hal ini dilakukan agar menjadi contoh bagi masyarakat yang lain.

Komentar

Loading...